Para Ilmuwan Berhasil Memecahkan Misteri Dibalik Adzan Subuh | BERITA KITA

Para Ilmuwan Berhasil Memecahkan Misteri Dibalik Adzan Subuh

Kode Iklan 336x280
Kode Iklan In Artikel
HPK taruh disini
Referensi pihak ketiga

Adzan subuh memang berbeda dengan azan di 4 waktu sholat yang lain. Terdapat kalimat himbauan berupa “ ash sholatu khoirun minanaum” artinya sholat itu lebih baik dari pada tidur. Ada rahasia dibalik kalimat terakhir di azan subuh ini dan para ilmuwan kedokteran berhasil menemukan jawabannya, apakah itu?

Pada studi MILIS dan GISSI 2, dan beberapa studi lainnya menyimpulkan bahwa serangan jantung sebagian besar dimulai pada pukul 6 pagi hingga 12 siang. Pada waktu itu terjadi kenaikan tegangan saraf simpatik (dalam budaya Cina disebut Yang), dan penurunan tegangan saraf para simpatik (Yin). Tekanan syaraf dan denyut jantung akan meningkat pada peningkatan syaraf simpatik. Begitu pun sebaliknya yang akan terjadi jika kenaikan saraf para simpatik. Tekanan darah dan denyut jantung akan menurun, berada pada kondisi istirahat.

Pada waktu pagi buta mulai dari jam 3 dini hari, berangsur-angsur tubuh mengalami kenaikan tekanan darah, peningkatan adrenalin, penyempitan pembuluh darah, peningkatan sifat agregasi trombosit. Terjadi meskipun dalam kondisi sedang tidur dan terjadi pada semua orang.

Tahun 1980 Robert Furchgott, Louis Ignarro, dan Ferid Murad melakukan penelitian. Mereka mengeluarkan sel-sel yang menempel pada dinding pembuluh darah dan kemudian meneteskan zat kimia tertentu. Keanehan terjadi pada pembuluh darah yang dikeluarkan sel-sel yang menempel, saat diberi tetesan zat kimia, pembuluh darah ini tidak membesar. Sebaliknya pada pembuluh darah yang tetap ditempeli sel-sel, saat di beri tetesan zat kimia pembuluh darah ini pun membesar. Berkat penemuannya, ketiga ilmuwan ini kemudian diberi hadiah Nobel Pada tahun 1998.

Zat dalam sel yang mampu mempengaruhi membesar nya pembuluh darah itu bernama zat NO (Nitrik Oksidan). NO dihasilkan atau mengalami kenaikan saat tubuh melakukan aktivitas seperti bergerak dan berolahraga. Saat bangun di Pagi buta untuk melakukan gerakan dalam beragam aktivitas seperti berjalan, wudu dan sholat subuh, otomatis tubuh akan menghasilkan zat NO yang dapat mencegah pembekuan darah. Semoga bermanfaat.

SUMBER
Kode Iklan 300x250
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==