Sering Lihat Tapi Gak Tahu Maksudnya? Ternyata Ini Fungsi 'Bola-bola' Pada Kabel Listrik | BERITA KITA

Sering Lihat Tapi Gak Tahu Maksudnya? Ternyata Ini Fungsi 'Bola-bola' Pada Kabel Listrik

Kode Iklan 336x280
Kode Iklan In Artikel
HPK taruh disini
Referensi pihak ketiga

Saat kamu berjalan-jalan dan kebetulan melewati bentangan kabel listrik, adakah hal yang menarik yang agan perhatikan? Selain tiang-tiang kabel bertegangan tinggi serta seliweran kabel, apakah agan pernah memperhatikan adanya bola-bola berwarna terang yang tersusun di salah satu bentangan kabel tersebut?

Tapi kenapa tidak semua kabel yang terbentang di tiang listrik itu memiliki bola-bola itu? Apakah maksud dan kegunaan untaian bola-bola tersebut?

Nah, apakah kamu tidak menyangka, bahwa bola-bola itu adalah untuk menarik perhatian para pilot pesawat terbang atau helikopter!

Ya, begitulah, saat hendak mendaratkan pesawat/helikopter di landasan atau tempat yang agak luas, sang pilot juga harus hati-hati terhadap bentangan kabel-kabel listrik.

Kabel listrik yang memiliki bola-bola hanya kabel yang membentang di sekitar bandara atau tempat yang luas. Bola-bola berwarna oranye tersebut dipasang pada kabel paling atas (kabel penangkal petir).

Kabel listrik yang terbantang biasanya agak sulit “terlihat” dari angkasa. Nah oleh karena itu dipasang bola-bola yang berwarna cerah, yang terbukti lebih “terlihat” dari udara.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan, kenapa tidak semua tiang listrik bertegangan tinggi memiliki “bola-bola”. Hanya kabel yang membentang di sekitar bandara atau tempat yang luas yang memiliki bola-bola tadi. Sebagai petunjuk bagi para “angkasawan” agar tidak “menabrak” kabel-kabel listrik bertegangan tinggi itu.

Masih penasaran gak, kenapa sebagian besar penanda pada kabel listrik ini bentuknya bola? Jawabannya adalah karena bentuk bulat adalah bentuk yang terbaik bagi hambatan udara. Sehingga bila ada hembusan angin dari segala arah, maka tidak akan terlalu banyak mengalami goyangan.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua, khususnya bagi yang belum tahu maksud dari bola-bola yang nempel di kabel listrik tegangan tinggi. Semoga bermanfaat..

SUMBER
Kode Iklan 300x250
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==