4 Penemuan Hebat Dari Indonesia Diakui Dunia, Nomer 3 Sekarang Dipake Valentino Rossi Bro! | BERITA KITA

4 Penemuan Hebat Dari Indonesia Diakui Dunia, Nomer 3 Sekarang Dipake Valentino Rossi Bro!

Kode Iklan 336x280
Kode Iklan In Artikel
HPK taruh disini

Pesatnya perkembangan ilmu dan teknoloogi memudahkan semua pekerjaan manusia. Teknologi ada karena berbagai penemuan para peneliti ilmuan dunia termasuk ilmuan Indonesia yang banyak memberikan berbagai penemuan yang bermanfaat bagi kemajuan seluruh bangsa Indoensia. Dari sekian banyak ilmuan dunia ada empat ilmuan Indonesia yang penemuannya diakui dunia Internasional.

1# Ikan Mujair 1936

Pemilik nama asli Iwan Dalauk atau yang lebih dikenal dengan Mbah Moedjair pada masa keterpurannya dia melakukan tirakat setiap tanggal 1 suro, dengan mandi di pantai Blitar. Pada saat melakukan ritual mandi, ia menemukan ikan yang jumlahnya tak terhitung dan mempunyai keunikan yaitu menyimpan anaknya dalam mulutnya. Karena keunikan tersebut ikan itu dibawa pulang untuk dipelihara. Namun ikan tersebut mati setelah dimasukkan kedalam air tawar.

Selanjutnya mbah Moedjair mencoba untuk mencampurkan dua air yakni air laut dan air tawar dengan takaran yang berbeda, setelah percobaannya yang kesebelas kali ternyata beberapa ekor ikan tersebut dapat hidup pada habitat air tawar. Keberhasilan tersebut terjadi pada tanggal 25 Maret 1936.

Tak berapa lama, ilmuan lokal dari Kediri tertarik untuk memiliki ikn tersebut. Berdasarkan kliteratur dan data-data yang ada, sejak saat itu ikan spesies baru itu dinamakan ikan mujair.

2# Pondasi cakar ayam 1961

Prof. Dr. Ir Sedijatmo sebagai penemu pertama pondasi cakar ayam, kala itu ia menjadi pejabat PLN diminta untuk membuat tujuh menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa-rawa ancol Jakarta. Pondasi yang dibuatnya ternyata mampu mengurangi hingga 75% tekanan pada permukaan tanah dibawahnya, apabila dibandingkan dengan pondasi biasa. Pondasi cakar ayam ini kemudian digunakan di Bandara Juanda Surabaya yang memungkinkan landasan menahan beban hingga 2000 ton. Selain di Indonesia, teknologi yang sudah dipatenkan ini sudah diterapkan di sembilan negara lain yakni, Jerman, Inggris, Prancis, Italia, Belgia, Kanada, Amerika Serikat hingga Belanda.

3# Mesin Big Bang

Michael Iskandar adalah seorang pembalap motor dan ahli otomotif Indonesia. Namanya juga dikenal pada saat ia sebagai pembalap Suzuki pada tahun 1949, kemudian berlanjut menjadi bagian tim riset balap motor Suzuki di tahun 1963. Ia dikenal karena suksesnya menemukan teknologi Big Bang untuk moto GP Yamaha, yang saat ini dipakai pembalap legendaris Valentino Rossi. Keunggulan teknologi itu pada mesin ini yaitu memiliki penyaluran tenaga yang lebih halus meskipun sistem pemindah daya seringkali membuat motor mengalami slek pada ban belakang. Sebagai raja tikungan Valentino Rossi sangat menggemari mesin ini karena ia memiliki keunggulan ketika melakukan manuver tikungan.

4# Crack Progression untuk Pesawat

Sebelum era 1970 an kecelakaan pesawat terbang karena kerusakan konstruksi masih sering terjadi, sambungan antara badan dan sayap pesawat menjadi titik kelemahannya. Kondisi inilah membuat pesawat membutuhkan perhatian yang serius. Ketika dunia industri pesawat kebingungan karena Crack ini, muncullah anak muda jenius yang mencoba menawarkan jalan keluar, dia adalah Bacharuddin Jusuf Habibie, beliau mampu menyelesaikan misinya hanya dalam waktu 6 bulan. Habibie berhasil mendeteksi bagaimana rembatan titik Crack itu bisa terjadi. Perhitungannya ini sangat detail bahkan hingga pada perhitungan atomnya sebagai satuan ukuran yang paling kecil. Saat itu beliau lebih dikenal dengan nama Mr Crack.


SUMBER
Kode Iklan 300x250
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==