8 Band Indonesia Paling Berpengaruh: No 2 Cukup Satu Album, No 5 Belum Ada Tandingan | BERITA KITA

8 Band Indonesia Paling Berpengaruh: No 2 Cukup Satu Album, No 5 Belum Ada Tandingan

Kode Iklan 336x280
Kode Iklan In Artikel
HPK taruh disini

Indonesia tidak pernah berhenti melahirkan grup musik keren dan berkualitas. Kehadiran mereka tidak hanya menciptakan lagu-lagu tak terlupakan, tapi juga sanggup memberikan pengaruh signifikan pada musik Indonesia.

Berikut beberapa band Indonesia yang punya pengaruh kuat dalam semesta musik. Daftar ini agaknya akan sangat subjektif dan bersandar pada selera. Pula penomoran urutan tak bersandar pada mana yang lebih baik, hanya sekedar peletakan saja. Sebab, masing-masing punya jejaknya yang khas pada musik Indonesia:

1. God Bless

Entah ada berapa banyak band rock Indonesia didirikan karena mendengar lagu-lagu "God Bless". Tarikan suara Ahmad Albar serta cabikan gitar Ian Antono berpadu lirik mendalam jadi semacam nutrisi bagi pecinta musik rock. Dengan gayanya yang eksentrik dan penampilan enerjik, band ini bahkan telah memiliki barisan penggemar jauh sebelum mereka mengeluarkan album perdana di tahun 1975.

2. Guruh Gipsy

Meski hanya merilis sebuah album studio, pengaruh band satu ini tak bisa diremehkan. Kecerdasan mereka menautkan musik tradisional Bali dan rock progresif benar-benar menjadi semacam permata dalam khasanah rock tanah air. Bahkan Majalah Rolling Stone Indonesia menempatkan album tersebut sebagai album terbaik Indonesia nomor dua sepanjang masa.

3. Slank

Slank adalah anomali pada masanya. Musiknya tak hanya membuat orang takjub, tapi juga kaget. Mereka berani menghadirkan lirik tajam dan suka-suka hati. Belum lagi kegilaan personilnya yang sering menghadirkan ide tak masuk akal. Memasukan suara orang ngorok, tertawa dan macam-macam hal absurd ke dalam rekaman sebuah lagu. Walau terjadi perpecahan di akhir 1996, tapi jejak mereka di dunia musik tetap tak bisa dihilangkan begitu saja.

4. Koes Plus

Setidaknya, grup musik legendaris ini telah menciptakan 953 lagu yang terdiri dari 89 album. Sebuah angka fantasis yang rasanya agak mustahil bisa disaingi musisi lain. Produktivitas dan lagu yang bersahabat di telinga jadi goresan penting hingga Koes Plus layak ditempatkan sebagai salah satu band legendaris Indonesia.

5. Soneta

Rhoma Irama mungkin telah dinobatkan sebagai Raja Dangdut sejak bertahun-tahun lalu. Tapi yang sering dilupakan, sang Raja tak bisa berbuat banyak jika tak didukung oleh jendral-jendral serta pasukan yang cerdas dan mumpuni. Dan mereka itulah personil Soneta.

Tak dipungkiri lagi Soneta bersama Rhoma Irama adalah pahlawan yang mengangkat musik dangdut dari hinaan dan cercaan kampungan, menjadi berkelas. Mereka menggabungkan musik melayu dengan sentuhan rock, pop, dan macam-macam unsur musik lain. Sampai kini, belum ada satupun band dangdut yang mampu menandingi kedahsyatan Soneta.

6. Kantata Takwa

Sebenarnya ada sejumlah band yang punya spirit dan aliran sejenis Kantata Takwa. Tapi band yang dikomandoi Iwan Fals dan WS Rendra ini bukan sekedar grup musik, melainkan semacam perkumpulan kebudayaan dan simbol perlawanan. Meski hanya menghasilkan satu album, tapi kehadiran mereka tetap memberikan warna penting dalam sejarah musik Indonesia.

7. Pas Band

Pas Band ibarat kesatria yang berhasil meruntuhkan mitos tentang kedigdayaan mayor label yang mewajibkan musisi bersimpuh menghamba. Terlepas dari segala macam kontroversi, Pas Band adalah simbol dari gairah musik Indie yang ledakannya mulai terasa kuat pada era 1990-an.

8. Kangen Band

Kamu boleh tak suka dan bilang musik mereka cengeng dan menye-menye, tapi fakta tak bisa dibantah bahwa band ini punya pengaruh besar dalam industri musik tanah air.

Gara-gara kehadiran mereka, jebol sudah bendungan musik yang selama ini diisi band-band papan atas. Andika Mahesa dan kawan-kawan membawa arus deras musik melayu bersama lirik sedih menyayat hati. Sebuah tren yang sisa-sisanya masih saja terasa hingga hari ini.

Demikian daftar singkat musisi berpengaruh Indonesia. Terlepas dari beda pendapat, tentu ada nama-nama lain yang layak masuk daftar macam ini. Jika punya pendapat silahkan berbagai.


SUMBER
Kode Iklan 300x250
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==